Tugas Pengantar Pariwisata(Pembuatan Arak Di Karangasem Sebagai Daerah Tujuan Wisata)

Tugas Pengantar Pariwisata

Pembuatan Arak Di Karangasem

Sebagai Daerah Tujuan Wisata

Indonesia merupakan Negara yang memiliki banyak daerah tujuan wisata, daerah tujuan wisata di Indonesia tersebar dari sabang sampai merauke, tujuan wisata yang di maksud  antara lain tersebar di wilayah Sumatra, Jawa, Bali, Lombok, NTT, Papua, dan yang lainnya, semua daerah tujuan wisata tersebut memiliki keunikan dan cirri khas masing- masing. Namun Daerah tujuan wisata yang paling menarik adalah Bali. Pulau kecil ini telah terkenal di seluruh dunia, bahkan ada wisatawan yang menyebutkan Indonesia dimananya Bali?.Bali memiliki potensi wisata yang cukup besar, meliput keindahan alamnya, aneka ragam kesenian, kekayaan budaya dan tradisi social religious kemasyarakatan yang di jiwai oleh Agama Hindu. potensi yang besar itu telah di kemas menjadi daerah tujuan wisata yang sangat menarik bagi wisatawan, sehingga Bali menjadi pusat pariwisata Indonesia bagian tengah dengan cirri khas “pariwisata Budaya”. Kebudayaan sebagai potensi yang dijadikan dasar pengembangan pariwisata sebagai kompleks yang mencangkup pengetahuan,kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat dan yang lain lain kemampuan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat. dengan kata lain, kebudayaan itu mencangkup semua yang dipelajari dan di dapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat.(Soejono Soekanto, 1990).

Derah tujuan Wisata di Bali tersebar di berbagai tempat, antara lain Denpasar, Gianyar, Tabanan,Bangli, klungkung, Karangasem dan Denpasar, semua daerah tujuan wisata tersebut memiliki keunikan masing masing, baik dari kebudayaan, alam, aneka ragam kesenian dan yang lainnya. Namun dari semua daerah tersebut tidak semuanya terjamah oleh pariwisata, seperti Karangasem,para wisatawan tidak banyak terdapat di karangasem, padahal di Kabupaten yang di kenal dengan buah Salaknya ini memiliki potensi wisata yang tidak kalah dari daerah lainnya di Bali. Karangasem memiliki daerah daerah yang juga cukup terkenal seperti Tenganan, Candidasa, Amed, Tulamben dan yang lainnya, semua daerah tersebut telah berjalan untuk kemajuan pariwisata, tapi semua itu belum cukup. Karangasem sebetulnya memiliki banyak potensi wisata yang bisa di manfaatkan.

Selain tempat tempat yang menarik Karangsem juga memiliki keindahan alam, budaya, buah buahan, minuman tradisional, makanan  dan yang lainnya. Semua itu belum di kenal oleh orang banyak, seperti minuman tradisional Bali yaitu Arak, minuman ini produksi terbesarnya terdapat di Karangasem, minuman yang tergolong minuman keras ini adalah murni minuman asli masyarakat Bali, yang tidak kalah enak dengan minuman keras dari luar negeri. Arak sebenarnya memiliki potensi wisata yang besar, seperti Pembuatan Arak Karangasem Sebagai Potensi Daerah Tujuan Wisata.

Pembuatan Arak di Karangasem masih banyak orang yang belum mengetahiunya, sebenarnya proses pembuatan arak bisa di jadikan Obyek Pariwisata. Obyek pariwisata yang dimaksud adalah Proses Pembuatan Arak, namun kenyataannya, massih banyak yang tidak berminat untuk menjadikan tujuan wisata. maka dalam kesempatan ini penulis akan membahas mengenai cara mengembangkan pembuatan arak sebagai tujuan wisata dan apa kendala dalam mengembangkan pembuatan arak sebagai tujuan wisata.

Cara mengembangkan pembuatan Arak sebagai tujuan wisata.

mengembangkan pariwisata memang tidak gampang apalagi sudah banyak terdapat daerah tujuan wisata yang sangat menarik, mamun untuk mengembangkan sesuatu kita harus berusaha. cara mengembangkan pariwisata pada mulanya hendaknya mengenali wilayah yang akan dijadikan sebagai lokasi pengembangan kepariwisataan yang tetap ditujukan untuk meningkatkan peran serta kesejahterahan masyarakat. penyiapan sumber daya manusia yang memiliki kopetensi tinggi di bidang kepariwisataan juga menjadi hal yang perlu di lalukan. kemampuan masyarakat dalam berinteraksi dan bersosialisasi perlu dilengkapi pula dengan kemampuan teknis, operasional dan manajerial dalam penyediaan barang dan jasa kepariwisaataan. dan juga setiap daerah harus dapat memposisikan dirinya dalam kerangka pembangunan kepariwisataan dengan diimbangi perencanaan yang matang dan upaya upaya peningkatan kompetensi SDM yang berkualitas agar daerah tujun wisata mampu terkenal dan meningkatkan kepariwisataan Bali.

Untuk mengembakan arak sebagai tujuan wisata tidak terlepas dari penjelasan diatas.

  1.  Mengenali tempat pembuatan arak adalah hal yang paling utama, disana kita melihat bagaimana proses pembuatannya, keunikannya, bahan dasar, alat yang digunakan, berapa lama, yang nantinya akan di gunakan untuk promosi untuk lebih menarik wisatawan. Disana juga kita bisa melihat apa yang perlu di tambah atau di kurangi di daerah yang nantinya akan menjadi tujuan wisata tersebut.  Dan apa saja yang bisa dilihat selain pembuatan arak, misalnya hutan palem, pohon lontar dan kelapa, yang merupakan bahan dasar untuk membuat arak itu bisa dimanfaatkan untuk wisata tambahan.
  2. Selain itu sumber daya manusianya juga harus di perhatikan yang terutama adalah kemampun berbahasa asing dan memenejemen kepariwisataan, dan juga harus mampu mempromosikan daeerah tujuan wisata, hingga menjelaskan kepada wisatawan agar tertarik untuk datang, dan juga mampu bersosialisasi di daerah tujuan wisata,menjealaskan secara rinci bagaimana pembuatan arak tersebut. selain itu kita harus memberikan bukti arak itu menarik untuk di kunjungi, misalnya dengan menjual arak yang bagus dan baik di hotel hotel, untuk bisa di coba oleh para wisatawan. dan juga harus gencar melakukan promosi dengan bekerja sama dengan  salah satu perusahaan promosi, membagikan brosur, dan melakukan kerjasama dengan tour guide.
  3.  Selain itu transportasi dan komunikasi juga menjadi prioritas utama dalam mengembangkan daerah tujuan wisata,  karena tranportasi dan komunikasi akan memperlancar wisatawan untuk datang ke daerah tujuan wisata. jalan jalan untuk menuju daerah tujuan wisata hendaknya di perlancar dengan memperbaiki agar layak untuk dilewati. Selain itu, restouran dan hotel atau vila juga perlu disediakan agar para wisatawan bisa lebih betah berada di Daerah tujuan wisata pembuatan arak. apalagi dengan diselesaikan dan di bukanya pelabuhan kapal pesiar di Karangasem, akan menambah kedatangan wisatawan untuk menikmati segala keindahan, budaya, dan adat istiadat Bali, khususnya Karangasem.
  4. Tidak terlepas dari itu, yang juga utama adalah bekerja sama dengan infestor asing dalam hal penanaman modal dan promosi ke luar negeri, agar nantinya pembuatan arak sebagai daerah tujuan wisata bisa terkenal, dan mampu mengekpor arak ke luar negeri.
  5. Mengusulkan agar arak memiliki hak paten sebagai minuman khas Bali. Dengan mengusulkan arak agar memiliki hak paten maka secara otomatis arak akan dikenal di seluruh dunia, dan mereka akan bertnya-tanya tentang bagaimana cara pembuatanya dan itu bisa menarik wisatawan untuk melihat langsung bagaimana cara membuat arak.

Kendala dalam mengembangkan pembuatan arak sebagai tujuan wisata.

Dalam melakukan sesuatu pasti kita akan menemukan berbagai Kendala, dalam pembuatan arak sebagai tujuan wisata terdapat berbagai kendala seperti

  1. Tempat yang tidak memadai, dilihat dari tempat, Karangasem adalah tempat yang lumayan jauh dari ibukota propinsi, itu akan mengurangi niat para wisatawan karena jauh. Ditempat pembuatan arak, rata rata tempatnya sangat jauh dari jalan raya, sehingga harus berjalan kaki dan juga jalannya rata rata rusak.
  2. Sumber daya manusia, adalah arak sangat di larang, arak sebagai minuman tradisional bisa menjadi potensi, tapi arak dilarang dan minuman keras lain tidak begitu di hiraukan, arak tidak memiliki hak paten untuk di ekpor ke luar negeri. Dan juga promosi yang kurang gencar dan mudahnya putus asa.
  3. Transportasi dan Komunikasi, seperti yang di atas, jarak yang jauh dari ibukota menjadi kendala, dan juga jalan jalan belum memadai untuk bisa sampai di daerah tujuan wisata.
  4. sulitnya mencari infestor untuk mau bekerjasama, dan merembet ke kurangnya promosi ke luar negeri.

Kesimpulan

Cara mengembangkan pembuatan arak sebagai tujuan wisata, dimulai dari tempat yang harus memadai dengan cara melihat langsung tempat tersebut, sumber daya manusia yang perlu di tingkatkan dengan belajar bahasa asing, trasportasi komunikasi, melakukan kerjasama dengan infestor adapun kendala kendala dalam mengembangkan pembuatan arak sebagai tujuan wisata yaitu tempat yang tidak memadai, jarak yang jauh, kurangnya promosi dan dilarangnya arak yang beredar di pasaran.

Saran

Adapun saran dari penulis adalah semua yang menjadi kendala hendaknya bisa lebih diperhatikan agar menjadi cara pengembangan yang menjadikan pariwisata pembuatan arak sebagai tujuan wisata yang lebih baik dan nantinya akan terwujud dan bisa berkembang untuk kemajuan pariwisata Bali Khususnya Karangasem.

Categories: Uncategorized | Tinggalkan komentar

Navigasi pos

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Blog di WordPress.com.

%d blogger menyukai ini: